Toko Online
atau umum dikenal sebagai e-commerce (Electronic Commerce), adalah tipe
industri dimana penjualan dan pembelian produk atau layanan dilakukan secara
sistem elektronik seperti Internet atau jaringan komputer lainnya. E-commerce menggunakan
teknologi seperti Mobile Commerce, Transfer Dana Elektronik, Manajemen Stok,
Internet Marketing, Proses Transaksi Online, Pertukaran Data Elektronik /
Electronic Data Interchange (EDI), Manajemen Inventory, dan Manajemen Data
System Otomatis. Sistem commerce moderm umumnya menggunakan World Wide Web
(WWW) untuk siklus transaksinya, meskipun saat ini telah berkembang lebih jauh
menuju teknologi seperti e-mail, perangkat mobile, social media dan telepon.
Toko Online
retail memiliki form yang memungkinkan konsumen untuk secara langsung membeli
produk atau layanan dari penjual melalui internet menggunakan web browser.
Nama-nama yang digunakan selain e-commerce adalah : e-web-store,
e-shop, e-store, Internet shop, web-shop, web-store, online store, dan virtual
store.
E-commerce
memiliki 2 wilayah yaitu : Business to Business (B2) dan Business to Consumer
(B2C).
B2B
merupakan transaksi diantara para pebisnis, seperti antara perusahaan dan
pengusaha grosir, atau antara pengusaha grosir dengan retailer.
B2C adalah
sistem transaksi dari pebisnis langsung kepada konsumen / end-user.
Dalam sebuah
Toko Online umumnya memiliki :
Konsumen
Konsumen
adalah pengunjung website yang tertarik dengan produk / jasa yang ditawarkan
dan membelinya secara langsung melalui sistem transaksi online.
Sistem
Pembayaran
Sistem
pembayaran adalah proses transaksi pembayaran dari konsumen ke penjual, dimana
terdapat beberapa pilihan sistem yang berbeda-beda di masing-masing negara.
Untuk sistem pembayaran di Indonesia umumnya menggunakan sistem Transfer Bank,
sedangkan untuk sistem pembayaran e-commerce yang paling populer adalah
menggunakan PayPal, selain itu sistem pembayaran juga dapat menggunakan Kartu
Kredit dan beberapa jasa pembayaran online seperti WorldPay, 2Checkout.
Sistem
Pengiriman
Barang yang
dipesan oleh konsumen akan dikalkulasi berat serta tujuan pengiriman, disini
akan muncul berapa biaya pengiriman yang harus ditanggung oleh pembeli, sistem
pengiriman yang umum di Indonesia menggunakan ekspedisi seperti TIKI JNE,
TIKINET, Pahala Kencana, sedangkan untuk internasional dapat menggunakan UPS
atau FedEx
Sistem
Belanja Online
Prosedur
belanja online menggunakan sistem checkout, dimana barang yang telah dipilih
akan dikelompokkan dalam satu keranjang belanja untuk dikalkulasi total nilai
belanja, yang nantinya informasi ini akan dikirimkan ke penjual sebagai Order.
Design
Website Toko
Online harus memiliki design dan tampilan yang menarik untuk dapat memikat
pengunjung agar membeli produk atau jasa yang kita jual. Design yang modern dan
dinamis sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan dalam bisnis toko online.
Dengan teknologi saat ini, design website sudah memiliki cakupan yang lebih
luas lagi, dimana design harus mendukung berbagai perangkat online seperti
Tablet, Smartphone, dan multi web browser.
Sistem
diatas adalah gambaran umum mengenai pengembangan Toko Online, untuk informasi
lebih detail bagaimana memiliki dan berbisnis dengan Toko Online silahkan
menghubungi Visigraphic untuk konsultasi lebih lanjut.
Contoh :
0 komentar:
Posting Komentar